Tuesday, November 9, 2010

Tristania


Satu lagi band gothic metal dari Norwegia, Tristania. Terbentuk pada tahun 1997 di kota Stavanger, Norwegia oleh Morten Veland (vocal, gitar), Einar Moen(keyboard, programming) dan Kenneth Ollson (drum). Beberapa minggu kemudian Anders Høyvik Hidle (Guitar, Harsh Vocals) dan Rune Østerhus (bass) bergabung. Kemudian pada bulan Mei 1997 band ini masuk studio untuk pertama kalinya dan merekam demo mereka di Klepp Lydstudio. Pada awalnya, Vibeke Stene (Female Vocals) di rekrut hanya sebagai penyanyi tamu untuk merekam album demo mereka sebelum akhirnya dia bergabung dengan band. pada tahun 1997 mereka menandatangani kontrak dengan Napalm Records dan merilis EP Tristania.


Musiknya biasa di klasifikasikan sebagai Symphonic Gothic Metal dengan pengaruh Doom/Death Metal, terutama pada album awal, karena hubungan yang kuat dengan sejarah Gothic Metal. Pada awal album mereka, vocal di dasarkan pada Melodic Death Metal riffs dengan paduan suara dan keyboard yang dominan dan menakutkan. Doom Metal adalah pengaruh yang kuat, ini bisa dilihat pada lagu-lagu bertempo lambat, melancolic riffing. Tristania berfokus pada vocal wanita dan paduan suara, chorus yang menakutkan, dan instrumen klasik seperti organ, piano biola dan seruling. Pada awal album band ini , juga di tonjolkan death vocal oleh Morten Veland. Kombinasi death vocal dan paduan suara wanita ini di yakini para penggemarnya telah mencapai puncaknya pada album "Beyond The Veil".





Tristania
Pada album-album berikutnya, band ini justru memfokuskan pada keseimbangan berbagai warna vocal. Pada album "Beyond The Veil" Østen Bergøy di tambahkan untuk mengisi vocal suara pria yang bersih (hollow bariton vocal). Ini untuk pertama kalinya Osten Sebagai penyanyi tamu hingga kemudian bergabung sebagai anggota penuh. Setelah hengkangnya Morten Veland, death vocal di isi oleh Anders Høyvik Hidle (gitar, vocal) dan Kjetil Ingebrethsen (vocal), juga oleh beberapa penyanyi tamu. Høyvik Hidle dan Kjetil Ingebrethsen resmi bergabung dengan band untuk album "Ashes".


Full-lenght album pertama mereka, "Widow's Weed" dirilis pada awal tahun 1998.  Album symphonic metal dengan unsur-unsur dari berbagai genre besar seperti gothic metal, death metal, black metal dan musik klasik. Dua musisi tamu yang terlibat dan mendapatkan peran paling menonjol adalah Østen Bergøy dan Pete Johansen. Tristania melalukan pertunjukan pertama mereka di luar Norwegia pada tahun 1998 di Belgia sebagai band pendukung Lacrimosa.Juga pada The Mind Over Matters Festival di Austria pada 1998. Pada tahun yang sama, Tristania juga melakukan tur Eropa yang pertama bersama Solefald dan Haggard.





Tristania
 Full-lenght album kedua, "Beyond The Veil" dirilis pada tahun 1999 dengan Jan Kenneth Barkved sebagai penyanyi tambahan.Rilis album kedua ini di ikuti dengan tur headlinning pertama mereka dengan "Trail Of Tears" dan "Antichrisis" sebagai aksi pendukung. Mereka juga melakukan tur bersama "Tiamat" dan "Anathema" pada tahun 1999. Trisatania melanjutkan tur ekstensif pada tahun 2000, hingga pada bulan Desember tahun 2000 Veland memilih hengkang karena perbedaan prinsip dalam bermusik.


 "World Of Glass"dirilis pada tahun 2001 dengan kontribusi beberapa musisi tamu antara lain Ronny Thorsen, Johansen dan Barkved. Østen Bergøy sudah menjadi anggota tetap dan mulai menulis lirik pada album ini. Kjetil Ingebrethsen kemudian juga bergabung sebelum tur "World Of Glass".

Pada tahun 2003-2004 Tristania break untuk performa live dan memilih fokus menulis lagu dan lirik. Kemudian pada tahun 2005 "Ashes" pun dirilis. Dan di ikuti dengan tur Eropa dan Amerika Latin bersama "Nightwish", "Gothminister" dan "Kreator". Meskipun kadang-kadang tanpa Einar Moen, karena ia tetap memilih fokus menulis lagu. Setelah tur itu, Kjetil Ingebrethsen mengundurkan diri dari band. Dan Tristania memutuskan untuk tidak merekrut pengganti. Posisi hash vocal kemudian di ambil alih oleh Anders Høyvik Hidle.


"Illumination" dirilis pada Januari 2007 dengan tur yang menambahkan Svein Terje Solvang (gitar) sebagai anggota resmi. Tapi tak lama setelah rilis album, Vibeke Stene (female vocal) tiba-tiba memutuskan untuk berhenti dan fokus pada keluarga dan pekerjaannya sebagai guru. Akibatnya, semua jadwal tur di tunda. Setelah melalui audisi vocal yang berbeda dari Stene, Tristania merekrut Mariangela Demurtas dari Sardinia Italia yang resmi bergabung pada bulan Oktober 2007.




Tristania
 Rune Østerhus (bass) dan Svein Terje Solvang (gitar) keluar pada tahun 2008. Posisinya di gantikan oleh Ole Vistnes (bass) dan Gyri Smørdal Losnegaard (gitar). Line-up baru yang menampilkan Mariangela Demurtas sebagai debut vocalnya pada sebuah festival di Kiev, Ukraina pada 29 Februari 2008. Personil berikutnya yang hengkang adalah Kenneth Olsson (drum) yang di gantikan oleh Tarald Lie. Sedangkan Østen Bergøy kembali pada status paruh waktu dengan band, karena komitmen dengan keluarganya.

Album terbaru Tristania, "Rubicon" sudah dirilis sejak 25 Agustus 2010 lalu.



Diskografi :


Personil :
Mariangela Demurtas - Female Vocals (2007–sekarang)
Kjetil Nordhus - Clean Vocals (2010–sekarang)
Anders Høyvik Hidle - Guitar/Harsh Vocals (1996–sekarang)
 Gyri Smørdal Losnegaard - Guitars (2009–sekarang)
 Ole Vistnes - Bass/Backing Vocals (2009–sekarang)
Einar Moen - Synth/Programming (1996–sekarang)
Tarald Lie Jr. - Drums (2010–sekarang)


Mantan Personil :
Kenneth Olsson - Drums (1996-2010)
Østen Bergøy - Clean Vocals (1997-2001) (2001-2010)
Rune Østerhus - Bass (1996-2009)
Svein Terje Solvang - Guitars (2005-2008)
Vibeke Stene - Female Vocals (1997-2007)
Kjetil Ingebrethsen - Harsh Vocals (2001-2006)
Morten Veland - Guitars/Harsh Vocals (1996-2000)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management