Sunday, December 5, 2010

Helloween

Helloween adalah band Power/Speed Metal yang terbentuk tahun 1982 di Hamburg, Jerman. Helloween pertama kali di bentuk oleh Kai Hansen dan Piet Sielck pada tahun 1978. Pada awalnya band ini bernama "Gentry", lalu setelah beberapa kali bongkar pasang personil, lalu mereka merubah nama band menjadi "Iron Fist" dengan tambahan personil Michael Weikath (guitars), Ingo Schwichtenberg (drums) dan Markus Grosskopf (bass). Setelah Piet Sielck keluar, dia digantikan oleh Michael Weikath dari band "Powerfool". Dan kemudian Nama band berganti menjadi Helloween (1982).

Pada tahun 1985 Helloween merilis mini album pertama berjudul "Helloween". Saat itu Kai Hansen masih merangkap sebagai vokalis sekaligus penulis lagu. Sebelumnya pada tahun 1984 mereka sudah merekam 2 buah lagu ("Oernst For Life" dan "Metal Invaders") untuk album kompilasi "Death Metal" di bawah label Noise Records. Kemudian pada akhir tahun 1985 Helloween merilis album studio yang pertama, "Walls Of Jericho". Mulai dari sini Helloween meraih banyak penggenar, terutama di daratan Eropa.

Merasa tidak puas dengan kemampuannya bernyanyi dan bermain gitar sekaligus, lalau Kai Hansen menyarankan agar Helloween mencari seorang vokalis yang pas. Hingga akhirnya masuklah Michael Kiske (personil sebuah band lokal, "III Prophecy") yang saat itu masih berusia 19 tahun. Masuknya Michael Kiske semakin membuktikan kekuatan performa mereka di atas panggung dan di studio.

Album kedua "Keeper Of The Seven Keys Part I" dirilis pada Mei 1987. Pada awalnya mereka ingin merekam double album, tapi pihak labe Noise Records menolak. Akhirnya "Keeper Of The Seven Keys Part II" dirilis setahun kemudian, tepatnya bulan September 1988. Dua album ini meraih sukses yang besar. Kombinasi power dan melodi yang mereka bawakan banyak membawa pengaruh bagi band-band di Eropa pada masa itu.

Yang sangat disayangkan, bulan Desember 1988 Kai Hansen yang banyak menulis lagu di Helloween mengundurkan diri. Keputusan yang mengejutkan ini dikarenakan Kai merasa bahwa Helloween sudah terlalu besar baginya sehingga sulit baginya untuk mengontrol. Kai Hansen kemudian membentuk sebuah band baru yang bernama "Gamma Ray". Untuk menggantikan posisi Kai, Helloween kemudian merekrut Roland Grapow, mantan personil band "Rampage".

Karena permasalahan dengan label Noise Records, Helloween pun memutuskan kontrak untuk kemudian bergabung dengan EMI. Akibat kalah dalam pengadilan Hellowen pun harus membayar ganti rugi kepada pihak Noise Records dan mereka hanya bisa merilis albumnya di Eropa dan Jepang. Hal ini membuat Helloween menjadi kurang produktif. Selama 2 tahun mereka tidak menghasilkan album studio. Hanya beberapa album live diantaranya : "Live in the UK" (Eropa), "Keepers Live" (Jepang) dan "I Want Out : Live" (Amerika). Untungnya mereka mendapat bantuan dari Sanctuary Management (Iron Maiden, W.A.S.P) sehingga mereka masih bisa bertahan.

Album berikutnya "Pink Bubbles Go Ape" dirilis pada Maret 1991. Album ini tidak mendapat sambutan positif karena terkesan "bukan Helloween" dan penulisan lagu yang tidak fokus. Kemudian beredarlah rumor bahwa penggarapan album ini dipenuhi dengan konflik antar personilnya. Album berikutnya "Chameleon" lebih buruk lagi. Rumor tentang ketidak harmonisan dalam band semakin parah. Sang drummer, Ingo mulai kecanduan obat-obatan dan di diagnosa mengidap Schyzophrenia. Hingga akhirnya dia tewas bunuh diri dengan melompat di depan kereta api subway yang sedang melintas.

Posisi Ingo kemudian dgantikan oleh Uli Kusch (mantan drummer Gamma Ray). Lalu Michael Kiske ikut dipecat dari Helloween dan digantikan oleh Andi Deris (dari salah satu band favorit Weiki, Pink Cream 69). Album "Master of The Rings" dirilis pada tahun 1994 di bawah label Castle Communication karena EMI dan Sanctuary Management sudah memutuskan untuk menghentikan kerugian mereka selama ini. Album ini menandai bangkitnya kembali Helloween. Album berikutnya "The Tome of the Oath" dirilis pada Maret 1996. Album ini didedikasikan untuk Ingo dan menjadi album terbaik mereka sejak kejayaan album "Keeper of The Seven Keys". Kemudian masih di tahun yang sama, mereka kembali merilis album live "High Live". Setahun kemudian mereka merilis sebuah album kompilasi, "The Pumpkin Box". Album ini berisi lagu-lagu terbaik mereka selama tahun 1985-1993. Album berikutnya, "Better Than Raw" dirilis pada April 1998. 

Tahun 2000 mereka mulai mengerjakan album bersama produser Roy Z dari Nuclear Blast yang berlatar belakang Nu Metal. Pihak mangement ingin Helloween merekam sisi gelap musik metal mereka. Dan jadilah album "The Dark Ride" yang dirilis pada 5 Desember 2000. Weiki kurang suka dengan warna musik pada album ini, karena sepertinya produser ingin merubah Helloween ke style baru yang lebih Nu Metal. Berbeda dengan Roland dan Uli yang sangat menyukai digital production. Perbedaan pandangan ini akhirnya menimbulkan ketegangan dalam band dan berakhir dengan dipecatnya Roland dan Uli.

Kemudian Helloween merekrut mantan gitaris "Freedom Call", Sascha Gerstner (saat itu baru berusia 25 tahun) untuk menggarap album "Rabbit Don't Come Easy". Sedangkan drummer diisi oleh Mark Cross (mantan personil "Metalium", "Kingdom Come", "At Vance", "Firewind"). Tapi Mark tidak bisa menyelesaikan tugasnya karena mononucleosis. Tugasnya dilanjutkan oleh Mikkey Dee (drummer "Motorhead") kemudian Stefan Schwarzmann (drummer "Running Wild"). Album selesai kemudian dirilis pada tanggal 20 Mei 2003.

Lagi-lagi Helloween melakukan pergantian personil. Karena perbedaan pandangan dalam musik, Stefan keluar dan digantikan oleh Dani Loble (mantan drummer "Rawhead Rexx"). Pergantian personil diikuti dengan pergantian label rekaman. Kali ini mereka menandatangani kontrak dengan sebuah label Jerman, SPV/Streamhammer. Bersama dengan SPV, Helloween sudah merilis 2 buah album studio ("Keeper of The Seven Keys : The Legacy", "Gambling with The Devil"), sebuah album kompilasi ("Unarmed - Best of 25th Anniversary") dan sebuah album live ("Keeper of The Seven Keys : The Legacy World tour 2005/2006").
Album terbaru Helloween, "7 Sinners" sudah dirilis pada 31 Oktober 2010.

Personil :
Andi Deris, vocals (1993-sekarang)
Michael Weikath, lead guitars (1984-sekarang)
Sascha Gerstner, guitars (2002-sekarang)
Markus Grosskopf, bass (1984-sekarang)
Dani Loble, drums (2005-sekarang)

Mantan Personil :
Kai Hansen, guitars
Michael Kiske, vocals
Ingo Schwichtenberg, drums
Roland Grapow, guitars
Uli Kusch, drums
Mark Cross, drums
Stefan Schwarmann, drums

Diskografi :
Death Metal, album kompilasi (1984)
Helloween, EP (1985)
Walls of Jericho, full-length album (1985)
Keeper of The Seven Keys Part I, full-length album (1987)
Keeper of The Seven Keys Part II, full-length album (1988)
Live in the U.K, live album (1989)
Pumpkin Tracks, album kompilasi (1989)
Pink Bubbles Go Ape, full-length album (1991)
The Best The Rest The Rare, album kompilasi (1991)
Chameleon, full-length album (1993)
Mr. Ego (Take Me Down), EP (1994)
Master of The Rings, full-length album (1994)
Time of The Oath, full-length album (1996)
High Live, live album (1996)
Better Than Raw, full-length album (1998)
Metal jukebox, album kompilasi (1999)
The Dark Ride, full-length album (2000)
Rabbit Don't Come Easy, full-length album (2003)
Keeper of The Seven Keys : The Legacy, full-length album (2005)
Gambling With The Devil, full-length album (2007)
Keeper of The Seven Keys : The Legacy World Tour 2005/2006, live album (2007)
7 Sinners, full-length album (2010)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management