Tuesday, November 16, 2010

Pearl Jam

Pearl Jam terbentuk di Seattle, Washington pada tahun 1990 oleh gitaris band "Green River", Stone Gossard dan bassis-nya, Jeff Ament. Setelah Green River pecah, kedua orang ini membentuk sebuah band baru bernama "Mother Love Bone" bersama seorang vokalis flamboyan, Andrew Wood. Tapi menjelang rilis album mainstream yang pertama, sang vokalis Andrew Wood meninggal dunia karena over dosis heroin.

Kemudian untuk meneruskan karir bermusiknya, Gossard dan Ament merekrut seorang gitaris, Mike McCready yang notabene adalah teman satu almamater Gossard di SMA. Lalu ketiga-nya membuat beberapa demo lagu dibantu oleh drummer band "Soundgarden", Matt Cameron. Untuk mengisi posisi vokalis, mereka mengirimkan rekaman-rekaman demo tersebut kepada seorang remaja  San Diego bernama Eddie Vedder melalui mantan drummer "Red Hot Chili Peppers", Jack Irons (yang juga sempat menjadi drummer Pearl Jam). Kemudian Vedder mengisi tiga buah lagu dalam demo itu, sebuah mini opera yang dikenal dengan "Mamasan Trilogy" (yang kemudian menjadi lagu Alive, Once dan Footsteps). Vedder pun kemudian harus terbang ke Seattle untuk menjalani rehearsal untuk calon band barunya.

Setelah menjalani beberapa rehearsal Vedder pun resmi menjadi anggota band. Dan band ini di beri nama "Mookie Blaylock" (merujuk pada nama bintang NBA saat itu). Tapi karena permasalahan legalitas, nama band kemudian di ganti Pearl Jam. Tepat sebelum mereka menandatangani kontrak dengan Epic Records.

Album Pertama Pearl Jam, "Ten" dirilis pada tahun 1991 dan langsung melejit sebagai ikon musik rock alternatif di Amerika. Tahun 1993 Pearl Jam kembali merilis album bernama "Vs" dan mempopulerkan sejumlah lagu, di antaranya : Daughters, Go dan Rearviewmirror. Album ke-tiga, "Vitalogy" dirilis setahun kemudian, yang sekaligus menjadi album terakhir bersamadrummer Dave Abruzzese. Posisi drummer kemudian di gantikan oleh mantan drummer "Red Hot Chili Peppers", Jack Irons. Tahun 1994 juga menjadi tahun yang bersejarah dalam musik rock, ketika Pearl Jam mengeluarkan antitrust dugaan monopoli yang dilakukanoleh  promotor konser, Ticketmaster. Tapi akhirnya perkara ini dimenangkan oleh Ticketmaster dan membuat Pearl Jam tidak bisa tampil di venue besar di seluruh Amerika.

Album ke-empat "No Code" dirilis pada tahun 1996. Secara penjualan, album ini mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan album-album sebelumnya. Hal ini di sebabkan juga oleh turunnya pamor musik Grunge saat itu. Dua tahun kemudian, album ke-lima "Vield" dirilis. Album ini sekaligus menjadi album terakhir bersama drummer Jack Irons yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan. Posisi drummer kemudian di isi oleh Matt Cameron, mantan drummer "Soundgarden" sampai sekarang. Bersama Matt, Pearl Jam telah merilis tiga buah album. "Binaural" pada tahun 2000, "Riot Act" pada tahun 2003 dan yang terakhir "Pearl Jam" pada tahun 2006.

Selain album studio, Pearl Jam juga merilis beberapa album kompilasi dan rekaman konser-konser mereka. Tahun 1999 mereka merilis album "Live on Two Legs" yang berisi rekaman tur tahun sebelumnya. Pada tahun 2000 mereka merilis lebih dari 70 rekaman konser mereka di Amerika dan Eropa dalam format Audio CD. berikutnya tahun 2003, mereka juga merilis album konsernya dari tur di Amerika, Asia dan Australia. Selain itu mereka juga merilis satu album konser akustik "Live At Benaroya Hall". Tahun 2005 dan 2006 Pearl Jam merilis album konsernya dalam format digital yang bisa dibeli dan di download langsung dari situs resminya, PearlJam.com. Lalu tahun 2007 mereka kembali merilis album konsernya "Live At The Gorge". Album ini berisi kompilasi rekaman konser mereka selama tahun 2005-2006 di Gorge.

Pearl Jammerupakan salah satu band rock alternatif yang paling berhasil di tahun 1990-an. Pearl Jam juga dianggap sebagai pelopor musik Grunge dan menjadi salah satu icon dalam empat besar "Godfather of Grunge" bersama "Alice in Chains", "Nirvana" dan "Soungarden".

Personil :
Eddie Vedder (lead vocals, guitar) 1990-sekarang
Mike McCready (lead guitars) 1990-sekarang
Stone Gossard (rythm guitars) 1990-sekarang
Jeff Ament (bass) 1990-sekarang
Matt Cameron (drums) 1998-sekarangc

Mantan Personil :
Dave Krusen (drums) 1990-1991
Matt Chamberlain (drums) 1991
Dave Abruzzese (drums) 1991-1994
Jack Irons (drums) 1994-1998

Personil Tambahan :
Kenneth "Boom" Gaspar (keyboard) 2001-sekarang

Diskografi :
Ten (1991)
Vs. (1993)
Vitalogy (1994)
No Code (1996)
Yield (1998)
Binaural (2000)
Roit Act (2002)
Pearl Jam (2006

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management