Saturday, November 20, 2010

Soundgarden

Soundgarden terbentuk pada tahun 1984 di Seattle, Washington, Amerika Serikat oleh Chris Cornell (vocal), Kim Thayil (guitars), dan Hiro Yamamoto (bass). Pada awalnya Chris Cornell merangkap sebagai drummer. Sedangkan Matt Cameron bergabung menjadi drummer tetap pada tahun 1986 setelah sebelumnya sempat diisi oleh Scott Sundquist (1985). Tapi pada tahun 1990 Yamamoto keluar dan digantikan oleh Ben Shepherd.


Soundgarden termasuk salah satu dari empat "Godfather of Grunge" selain NirvanaPearl Jam dan Alice In Chains. Namun mereka sendiri menyangkal keterkaitan mereka dengan musik grunge. Meskipun begitu, para penggemar Soundgarden tetap memasukkan band ini ke dalam genre ini.

Kekuatan utama Soundgarden terletak pada vocal Chris Cornell dan gitar Kim Thayil. Adapun Chris Cornell juga pernah memperkuat band "Audioslave" yang terdiri dari para mantan personil band "Rage Against The Machine". Musik Soundgarden diibaratkan sebagai kelahiran kembali Led Zeppelin.

Seperti band-band grunge yang lain di Seattle, Soundgarden juga menandatangani kontrak dengan label Sub Pop. Soundgarden juga band grunge pertama yang menandatangani kontrak dengan major label A & M Records pada tahun 1988. Meskipun band ini tidak bisa mencapai kesuksesan secara komersial hingga mereka mempopulerkan musik grunge pada tahun 1990.

Album Soundgarden yang paling sukses adalah "Superunknown" pada tahun 1994. Dimana album ini menduduki peringkat satu dalam Billboard chart dan menmperoleh Gramy Award untuk single "Black Hole Sun" dan "Spoonman". Sayangnya pada tahun 1997 band ini bubar karena perselisihan internal antar personilnya. Perselisihan antara Chris Cornell dan Kim Thayil dimana Chris ingin merubah warna musik mereka dari riffing gitar yang berat yang sudah menjadi trade-mark band ini.

Sebelum bubar, Soundgarden sempat merilis album ke-lima "Down On The Upside". Album ini sangat berbeda dari album Soundgarden sebelumnya. Pada album ini musik Soundgarden terdengar kurang berat dan kurang gelap. Jauh dari akar musik band ini sendiri yaitu grunge. Meskipun begitu album ini juga mengeluarkan beberapa single, antara lain : "PrettyNose", "Burden In My Hands" dan "Blow Up The Outside World". Malahan "Pretty Nose" masuk nominasi Gramy Award untuk kategori Best Hard Rock Performance 1997.

Personil :
Chris Cornell (vocals)
Kim Thayil (guitars)
Matt Cameron (drums)
Ben Shepherd (bass)

Mantan Personil :
Hiro Yamamoto (bass)
Scott Sundquist (drums)
Jason Everman (bass)

Diskografi :
Ultramega OK, full album (1988)
Louder Than Love, full album (1989)
Screaming Life/Fopp, album kompilasi (1990)
Badmotorfinger, full album (1991)
Superunknown, full album (1994)
Down On The Upside, full album (1996)
A-Sides, album kompilasi (1997)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management